@misc{eprints11274, month = {Juli}, title = {PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATERI TERMOKIMIA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA}, author = {1113023067 Huda Tiyas Abror}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/11274/}, abstract = {Siswa sering dihadapkan pada konsep pembelajaran kimia yang abstrak dan cen- derung dihadapkan pada penyelesaian masalah secara matematis. Untuk mengata-si masalah yang sering dialami para siswa tersebut, maka peneliti melakukan pengembangan e-book interaktif pada materi termokimia berbasis representasi kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan e-book interaktif, mendeskripsikan karakteristik e-book interaktif, tanggapan guru dan siswa, kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan, serta faktor-faktor pendukung dalam pengembangan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R\&D). Penelitian diawali dengan melakukan anailisis kebutuhan di beberapa SMA di kota Metro untuk mengetahui kebutuhan akan pengembangan e-book interaktif. Selanjutnya peneliti melakukan pengembangan produk berupa e-book interaktif. Produk yang dihasilkan peneliti kemudian divalidasi oleh validator untuk menge-tahui kesesuaian isi dengan kurikulum, konstruksi dan keterbacaan dari e-book interaktif yang dikembangkan. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas di SMA Negeri 1 Belitang untuk mengetahui tanggapan siswa dan guru terhadap e-book interaktif yang dikembangkan. E-book interaktif berisi video, gambar-gambar dan soal evaluasi interaktif yang disajikan dalam ketiga level representasi kimia secara bersamaan. Berdasarkan validasi pada aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, kostruksi dan keterbacaan memiliki persentase 86\%, 100\% dan 97,33\% secara berurutan dengan kriteria sangat baik. Untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap e-book interaktif, dilaku-kanlah uji coba terbatas. Berdasarkan uji coba terbatas di SMA Negeri 1 Belitang, diperoleh kesimpulan bahwa e-book interaktif yang dikembangkan layak diguna-kan sebagai sumber belajar dengan persentase 94\% pada aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, 92\% pada aspek grafika dan 89,08\% pada aspek keterbacaan. } }