title: PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATERI TERMOKIMIA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA creator: Huda Tiyas Abror, 1113023067 subject: LB Theory and practice of education subject: QD Chemistry description: Siswa sering dihadapkan pada konsep pembelajaran kimia yang abstrak dan cen- derung dihadapkan pada penyelesaian masalah secara matematis. Untuk mengata-si masalah yang sering dialami para siswa tersebut, maka peneliti melakukan pengembangan e-book interaktif pada materi termokimia berbasis representasi kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan e-book interaktif, mendeskripsikan karakteristik e-book interaktif, tanggapan guru dan siswa, kendala-kendala yang dihadapi dalam pengembangan, serta faktor-faktor pendukung dalam pengembangan ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian diawali dengan melakukan anailisis kebutuhan di beberapa SMA di kota Metro untuk mengetahui kebutuhan akan pengembangan e-book interaktif. Selanjutnya peneliti melakukan pengembangan produk berupa e-book interaktif. Produk yang dihasilkan peneliti kemudian divalidasi oleh validator untuk menge-tahui kesesuaian isi dengan kurikulum, konstruksi dan keterbacaan dari e-book interaktif yang dikembangkan. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas di SMA Negeri 1 Belitang untuk mengetahui tanggapan siswa dan guru terhadap e-book interaktif yang dikembangkan. E-book interaktif berisi video, gambar-gambar dan soal evaluasi interaktif yang disajikan dalam ketiga level representasi kimia secara bersamaan. Berdasarkan validasi pada aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, kostruksi dan keterbacaan memiliki persentase 86%, 100% dan 97,33% secara berurutan dengan kriteria sangat baik. Untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap e-book interaktif, dilaku-kanlah uji coba terbatas. Berdasarkan uji coba terbatas di SMA Negeri 1 Belitang, diperoleh kesimpulan bahwa e-book interaktif yang dikembangkan layak diguna-kan sebagai sumber belajar dengan persentase 94% pada aspek kesesuaian isi dengan kurikulum, 92% pada aspek grafika dan 89,08% pada aspek keterbacaan. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2015-07-10 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11274/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11274/3/3.%20MENGESAHKAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11274/4/4.%20MENYETUJUI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11274/69/3.%20COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11274/5/5.%20SURAT%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11274/11/21.%20DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11274/6/6.%20BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11274/70/2.%20BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11274/8/8.%20BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11274/9/9.%20BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11274/10/20.%20BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11274/12/22.%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Huda Tiyas Abror, 1113023067 (2015) PENGEMBANGAN E-BOOK INTERAKTIF PADA MATERI TERMOKIMIA BERBASIS REPRESENTASI KIMIA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/11274/