title: PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 WAY TENONG LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015 creator: Emilia Roza, 1013052053 subject: subject: LC Special aspects of education subject: QP Physiology description: Masalah penelitian ini adalah siswa yang memiliki konsep diri yang rendah di sekolah. Permasalahannya adalah “apakah konsep diri siswa kelas XI dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan konseling kelompok di SMK Negeri 1 Way Tenong?. Tujuan penelitian untuk mengetahui penggunaan konseling kelompok dalam meningkatkan konsep diri siswa kelas XI SMK Negeri 1 Way Tenong Lampung Barat. Metode penelitian adalah metode pre eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini sebanyak 9 siswa kelas XI yang memiliki konsep diri rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala konsep diri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep diri siswa di sekolah dapat ditingkatkan melalui layanan konseling kelompok, hal ini dapat ditunjukkan dengan adanya peningkatan secara keseluruhan sebesar 52,18% dan terbukti dari hasil analisis data konsep diri menggunakan uji Wilcoxon, dari hasil analisis data post-test diperoleh Zhitung = -2,666 dan Ztabel 0,05 = 1,645. Zhitung < Ztabel. Dengan demikian, Ha diterima, artinya bahwa konsep diri siswa kelas XI dapat ditingkatkan menggunakan layanan konseling kelompok di SMK Negeri 1 Way Tenong Lampung Barat tahun pelajaran 2014/2015. Kesimpulannya adalah konsep diri siswa kelas XI dapat ditingkatkan menggunakan layanan konseling kelompok di SMK Negeri 1 Way Tenong Lampung Barat tahun pelajaran 2014/2015. Saran yang diberikan adalah kepada (1) Siswa wajib mengikuti kegiatan konseling kelompok untuk meningkatkan konsep diri, (2) Guru bimbingan dan konseling hendaknya mengadakan kegiatan konseling kelompok secara rutin untuk meningkatkan konsep diri siswa (3) Peneliti lain yang akan melakukan penelitian tentang konsep diri dengan konseling kelompok hendaknya dapat menggunakan subjek berbeda dan meneliti variabel lain dengan mengontrol variabel yang sudah diteliti sebelumnya. Kata kunci: bimbingan dan konseling, konseling kelompok, dan konsep diri publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2015-06-15 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11321/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11321/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11321/3/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11321/4/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11321/5/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11321/6/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11321/7/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11321/8/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11321/9/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11321/10/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11321/11/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11321/12/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11321/13/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11321/14/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11321/15/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11321/16/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11321/19/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11321/17/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11321/18/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Emilia Roza, 1013052053 (2015) PENGGUNAAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 WAY TENONG LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/11321/