TY - THES ID - eprints11351 UR - http://digilib.unila.ac.id/11351/ A1 - Ari Gusnita, 1326061001 Y1 - 2015/07/07/ N2 - Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan program pemerintah berkaitan dengan kesehatan masyarakat yang pada pengelolaannya diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Permasalahan dilapangan terkait implementasi JKN dalam penelitian ini adalah kurangnya sosialisasi, sumber daya manusia yang masih kurang, sikap para pelaksana dalam memberikan layanan, serta koordinasi antar lembaga yang belum terjalin dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi dan implikasi dari program JKN sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas implementasi dan implikasi program JKN di Kota Metro tahun 2014. Teori yang peneliti pakai dalam penelitian ini adalah model implementasi Van Horn dan Van Mater. Model ini menjelaskan bahwa kinerja kebijakan dipengaruhi oleh beberapa variabel yang saling berkaitan, indikator tersebut yaitu; standar dan sasaran kebijakan/ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik organisasi pelaksana, sikap para pelaksana, komunikasi antar organisasi terkait dan lingkungan sosial, ekonomi dan politik. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan masih belum efektif hal ini dapat dilihat dari kelemahan dari indikator fokus yang peneliti teliti. Belum efektifnya karena belum tercapainya target dan sasaran, kurangnya sosialisasi, sumber daya manusia yang masih kurang, sikap para pelaksana dalam memberikan layanan, serta koordinasi antar lembaga yang belum terjalin dengan baik serta pengaruh lingkungan ekonomi dan politik. Implikasinya adalah masih banyak masyarakat belum terdaftar pada BPJS Kesehatan sehingga tujuan program menjadi belum tercapai, kurangnya sumber daya manusia pada kantor BPJS Kesehatan mengakibatkan kurang maksimalnya pelayanan yang diberikan sehingga masyarakat menjadi kurang puas dalam hal pelayanan BPJS Kesehatan Kota Metro dan koordinasi yang kurang mengakibatkan kurang konsistennya antara informasi yang disampaikan BPJS dengan unit atau faskes-faskes yang bekerjasama menjadi tidak seragamnya peraturan pelayanan pada faskes terkait. Kata Kunci: JKN, Implementasi kebijakan publik, jaminan sosial PB - FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK M1 - masters TI - IMPLEMENTASI KEBIJAKAN JAMINAN SOSIAL NASIONAL (Studi Pada Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kota Metro Tahun 2014) AV - restricted ER -