%0 Generic %9 Other %A Yuli Novita Sari, 1113052046 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:11360 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENINGKATAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 KALIANDA TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/11360/ %X ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah komunikasi interpersonal rendah. Permasalahan dalam penelitian adalah apakah terjadi peningkatan komunikasi interpersonal dengan menggunakan teknik assertive training pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalianda Tahun pelajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui peningkatan komunikasi interpersonal siswa dengan teknik assertive training. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Subjek penelitian sebanyak 24 siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah, terdiri dari 12 siswa kelompok eksperimen dan 12 siswa kelompok kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi interpersonal dengan teknik assertive training, hal ini ditunjukkan dari peningkatan komunikasi interpersonal kelompok eksperimen sebesar 26% dan hasil analisis data dengan menggunakan independent sample t-test, berdasarkan gain score kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh t output > t tabel (16,23 > 2,074) maka, H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat peningkatan komunikasi interpersonal dengan teknik assertive training. Kesimpulan penelitian adalah terdapat peningkatan yang signifikan terhadap komunikasi interpersonal pada siswa kelompok eksperimen setelah pemberian teknik assertive training dibandingkan pada siswa kelompok kontrol tanpa pemberian teknik assertive training. Saran yang diberikan adalah (1) Siswa yang memiliki komunikasi interpersonal rendah, bisa meningkatkan komunikasi interpersonalnya dengan mengikuti kegiatan bimbingan dengan assertive training. (2) Kepada Guru Bimbingan dan Konseling, hendaknya dapat menjadikan kegiatan assertive training sebagai salah satu program unggulan dalam program bimbingan konseling di sekolah. Kata kunci : assertive training, bimbingan konseling, komunikasi interpersonal.