%0 Generic %A Paryono, YULI DWI KHAIRANI %C Universitas Lampung %D 2013 %F eprints:1139 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH TINGKAT INTELLIGENCE QUOTIENT, SIKAP TENTANG MATA PELAJARAN DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMAN 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013 %U http://digilib.unila.ac.id/1139/ %X Hasil belajar adalah kemampuan anak yang diperoleh pada akhir proses pembelajaran dan berkaitan dengan kemampuan siswa dalam menyerap atau memahami suatu bahan yang diajarkan. Berdasarkan penelitian pendahuluan yang dilakukan di SMA Negeri 3 Bandar Lampung diketahui bahwa secara keseluruhan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi masih tergolong rendah, yaitu dari sebanyak 111 siswa, hanya 48 siswa atau 43,25% yang mendapatkan nilai lebih dari 79. Dengan kata lain, hanya 43,25% bahan pelajaran yang dikuasai oleh siswa atau masih dalam kriteria rendah. Secara umum hal-hal yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar terbagi atas dua factor, yaitu factor internal dan eksternal. Diantara banyak factor yang dapat mempengaruhi hasil belajar diduga factor tingkat intelligence quotient, sikap tentang mata pelajaran dan iklim sekolah memiliki peranan penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh tingkat intelligence quotient, sikap tentang mata pelajaran dan iklim sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS semester ganjil SMAN 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 111 siswa dengan sampel 84 siswa . metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Data yang terkumpul melalui angket, diolah dengan program SPSS 16. Untuk menguji hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan regresi linier sederhana, sedangkan hipotesis keempat menggunakan multiple Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut. 1. Ada pengaruh yang positif dan signifikan tingkat IQ terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 yang ditunjukan oleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh r2= 0,432 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh t = 6,093 sedangkan t hitung = 1,989, ini berarti t tabel > t 2. Ada pengaruh yang positif dan signifikan sikap siswa tentang mata pelajaran hitung tabel terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 yang ditunjukan oleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh r 2 = 0,396 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh t = 5,705 sedangkan t hitung = 1,989, ini berarti t > t tabel tabel hitung 3. Ada pengaruh yang positif dan signifikan iklim sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 yang ditunjukan oleh hasil uji regresi linier sederhana diperoleh r 2 = 0,312 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh t = 7,081 sedangkan t hitung tabel = 1,989, ini berarti t > t 4. Ada pengaruh yang positif dan signifikan tingkat IQ, sikap tentang mata hitung tabel pelajaran dan iklim sekolah terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013 yang ditunjukan oleh hasil uji regresi linier multiple diperoleh r 2 = 0,420 pada taraf signifikansi 0,05. Berdasarkan analisis data diperoleh thitung = 76,535 sedangkan t = 1,989, ini berarti t > t hitung tabel Kata kunci : IQ, sikap, iklim sekolah dan hasil belajar tabel