@misc{eprints11392, month = {Juli}, title = {PENGARUH ACTIVE LEARNING TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Mataram Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015)}, author = {1113024038 Made Oktavia Sri Rahayu}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/11392/}, abstract = {ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok pengelolaan lingkungan melalui model pembelajaran active learning. Desain penelitian adalah pretest-postest non ekuivalen. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIIb dan VIIc yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa data hasil belajar siswa yang diperoleh dari nilai pretest dan posttest. Analisis data kuantitatif menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t dengan bantuan program SPSS versi 17. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi siswa dengan pelakuan menggunakan model pembelajaran active learning yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan model active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terlihat pada rata-rata N-gain kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 68,6 berbeda signifikan dengan kelas kontrol dengan rata-rata N-gain sebesar 33,6. Hasil rata-rata persentase observasi aktivitas belajar siswa memiliki kriteria baik (86,11\%). Dengan demikian penggunaan model pembelajaran active learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok pengelolaan lingkungan. Kata kunci: active learning, aktivitas belajar, hasil belajar, pengelolaan lingkungan} }