%A 1111021010 Amalia Yasmine %T STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA STUDI PADA PULAU PASARAN %X ABSTRAK INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan pariwisata di Pulau Pasaran, serta untuk mendapatkan strategi yang tepat bagi pengembangan di wilayah Pulau Pasaran. Data yang diambil adalah data primer dan data skunder, dimana data primer diperleh dari kuesioner dan wawancara kepada narasumber yang telah ditentukan dan sata skunder yang di peroleh dari instansi dan dinas yang terkait dengan penelitian ini. Alat analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan metode analisis SWOT, analisis matriks internal factor analysis summery (IFAS) dan analisis matriks eksternal factor analysis summery (EFAS).Hasil peneitian menunjukan bahwa Strategi pengembangan daya tarik wisata wilayah Pulau Pasaran terdiri atas strategi umum dan strategi khusus. Strategi umum meliputi: strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Adapun strategi khusus meliputi: strategi pengembangan daya tarik wisata, strategi pengembangan promosi daya tarik wisata wisata, strategi pengembangan pariwisata berkelanjutan, strategi pengembangan kelembagaan dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam bidang pariwisata. Kata Kunci : Strategi Pengembangan, Pariwisata, Pulau Pasaran. ABSTRACT ENGLISH This study aims to determine how the strategy of tourism development on the island of Market, as well as to get the right strategy for development in the region of Island Market.The data is taken from primary data and secondary data, where the primary data from questionnaires and interviews diperleh to the informant who has been determined and secondary sata obtained from the institutions and agencies associated with this research. The analysis tool is by using SWOT analysis, matrix analysis of internal factor analysis summery (IFAS) and matrix analysis of external factor analysis summery (EFAS).This research results show that the strategy is the development of a tourist attraction Market Island area consists of a general strategy and specific strategies. Common strategies include: market penetration strategies and product development. As for specific strategies include: tourist attraction development strategies, promotion of the development strategy of tourist attraction travel, sustainable tourism development strategy, strategy of institutional development and human resource development (HRD) in the field of tourism. Keywords: Strategy Development, Tourism, Island Market. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS %L eprints11405