TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints11430 UR - http://digilib.unila.ac.id/11430/ A1 - Citra Winda Ulvia, 1113041016 Y1 - 2015/07/03/ N2 - Masalah dalam penelitian ini adalah pola pengembangan paragraf pada teks bacaan dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs Terbitan Kemendikbud. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pengembangan paragraf pada teks bacaan dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMP/MTs Terbitan Kemendikbud. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks siswa pelajaran Bahasa Indonesia untuk Kelas VII SMP/MTs Terbitan Kemendikbud. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola pengembangan paragraf pada teks bacaan dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia memiliki sebelas macam pola pengembangan paragraf. Pola pengembangan paragraf pada teks bacaan dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia yang memiliki penggunaan terbesar yaitu pola pengembangan paragraf ilustrasi yang berjumlah 36 paragraf. Lalu pola pengembangan paragraf definisi berjumlah 29 paragraf, pola pengembangan paragraf kronologi berjumlah 20 paragraf, pola pengembangan paragraf sebab-akibat berjumlah 14 paragraf, dan pola pengembangan paragraf pemerincian berjumlah 11. Terdapat empat pola pengembangan paragraf yang memiliki jumlah penggunaan paragraf yang sama yaitu pola pengembangan paragraf perbandingan, pola pengembangan paragraf contoh, pola pengembangan paragraf perulangan, dan pola pengembangan paragraf klasifikasi-divisi yang berjumlah 7 paragraf. Pola pengembangan paragraf yang sedikit jumlah penggunaan adalah pola pengembangan paragraf pertanyaan berjumlah 5 paragraf dan pola pengembangan paragraf analogi berjumlah 4 paragraf. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - POLA PENGEMBANGAN PARAGRAF PADA TEKS BACAAN DALAM BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMP/MTs TERBITAN KEMENDIKBUD AV - restricted ER -