@misc{eprints11437, month = {Juli}, title = {PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MELATI SENDANG BARU LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015}, author = {1113054038 Oktami Dewi}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/11437/}, abstract = {ABSTRAK PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MELATI SENDANG BARU LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh Oktami Dewi Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kerjasama anak usia 5 ? 6 tahun dalam proses pengembangan sosial emosional di PAUD Melati Sendang Baru, Lampung Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar menggunakan model pembelajaran group investigation terhadap perkembangan sosial emosional. Penelitian ini menggunakan metode pre- Experimen dengan desain Same group atau desain kelompok serupa. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan sampling jenuh, dengan sampel dalam penelitian ini yaitu 30 anak. teknik pengumpulan data yaitu menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh aktivitas belajar menggunakan model pembelajaran group investigation terhadap perkembangan sosial emosional. Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan perkembangan sosial emosional anak pada kategori berkembang sangat baik, dan didukung dengan aktivitas belajar anak yang cenderung sangat aktif. Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Model Group Investigation, dan Perkembangan Sosial Emosional.} }