@misc{eprints11473, month = {Juni}, title = {STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN MEMPERHATIKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 METRO TAHUN AJARAN 2014/2015}, author = {1113031050 Miftahul Khairiah}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/11473/}, abstract = {Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan dan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning dengan memperhatikan motivasi belajar. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian berjumlah 235 siswa melalui teknik Cluster Random Sampling diperoleh sampel sebanyak 60 orang. Pengujian hipotesis menggunakan rumus anava dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan sebagai berikut (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning dan Project Based Learning, (2) terdapat perbedaan hasil belajar IPS Terpadu bagi siswa yang memiliki motivasi tinggi dan rendah, (3) hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan Project Based Learning pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi, (4) hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajar dengan model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi dibandingkan Problem Based Learning pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, (5) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Kata kunci : Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Problem Based Learning, Project Based Learning } }