%0 Generic %9 Other %A DEDI FIRMANTO, 1113053025 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:11495 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 RUKTI HARJO %U http://digilib.unila.ac.id/11495/ %X abstrak indonesia ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 RUKTI HARJO Oleh DEDI FIRMANTO Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Rukti Harjo pada mata pelajaran IPS. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Rukti Harjo. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen tipe quasi experiment (eksperimen semu) dengan pola the non equivalent control group disign (pretes-posttes yang tidak ekuivalen). Langkah-langkah yang ditempuh dalam pelaksanaan rancangan ini adalah 1) memilih dua kelompok subjek yang tidak ekuivalen, 2) laksanakan pretes pada kedua kelompok, 3) kenakan perlakuan pada kelompok eksperimen, 4) berikan posttes pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, 5) cari beda mean kelompok eksperimen dan kontrol, antara posttes dan pretes, 6) gunakan statistik yang tepat untuk mencari perbedaan hasil. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : perhitungan uji kesamaan dua rata-rata diperoleh thit = 0,0226 lebih besar dari ttabel = 0,0368 pada taraf signifikasi 5% dilambangkan thit < ttabel, sehingga untuk jawaban dari rumusan masalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 2 Rukti Harjo adalah berpengaruh, dilihat dari hasil perhitungan rata-rata yang menunjukan hasil thit < ttabel Kata kunci: pengaruh, hasil belajar, model kooperatif tipe TPS, IPS.