%0 Generic %9 Other %A Azka Falaih Rizqiyana, 1113053019 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:11507 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN MEDIA GRAFIS SISWA KELAS IV A SD NEGERI 1 TOTOKATON %U http://digilib.unila.ac.id/11507/ %X ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN SCIENTIFIC DAN MEDIA GRAFIS SISWA K ELAS IV A SD NEGERI 1 TOTOKATON Oleh AZKA FALAIH RIZQIYANA Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya a ktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV A SD Negeri 1 Totokaton yakni 1 0 siswa (43,48%) dari 23 siswa yang belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pendekatan scientific dan media grafis pada pembelajaran matematika . Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan K elas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan soal - soal tes . Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik an alisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan scientific dan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar si swa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata - rata aktivitas siswa siklus I sebesar 63,80 dengan persentase klasikal 56,52% ( cukup aktif ) , s iklus II meningkat menjadi 71,33 dengan pers entase klasikal 73,91% ( akt if ) , dan siklus III menjadi 78,10 dengan persentase klasikal 86,96% ( sangat aktif ) . Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17 ,39% dan siklus II ke siklus III sebesar 13,05%. Nilai rata - rata hasil belajar siswa siklus I sebesar 59,35 dengan persentase ketuntasan klasikal seb esar 56,52% ( sedang ) , siklus II meningkat menjadi 69,35 dengan persentase ketuntasan klasikal 69,57% ( tin gg i ) , dan siklus III menjadi 76,30 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,96% ( sangat tinggi ) . Peningkatan persentase ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 13,05% dan siklus II ke siklus III sebesar 17,39%. Kata kunci: aktivitas , hasil belajar, media grafis, pendekatan scientific