?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+VARIASI+KOMPOSISI%2C+JENIS+AIR%2C+KONDISI+AKTIVASI+DAN+CARA+PEMBUATAN+ARANG+DARI+ADSORBEN+ARANG+SEKAM+TERHADAP+PRESTASI+MESIN+DAN+KANDUNGAN+EMISI+GAS+BUANG+SEPEDA+MOTOR+KARBURATOR+4-LANGKAH&rft.creator=Iswandi%2C+DIAN+EKA+PRATAMA&rft.subject=Teknik+mesin+dan+mesin&rft.description=Krisis+BBM+merupakan+salah+satu+permasalahan+yang+sedang+dihadapi+dunia+maupun+Indonesia+saat+ini.+Untuk+menurunkan+konsumsi+BBM+kendaraan+bermotor+dapat+dikurangi+dengan+memanfaatkan+potensi+Sumber+Daya+Alam+yang+melimpah+khususnya+di+Provinsi+Lampung+yaitu+menggunakan+pelet+arang+dari+sekam+padi.+Penelitian+ini+bertujuan+untuk+melihat+pengaruh+variasi+komposisi%2C+jenis+air%2C+kondisi+aktivasi%2C+dan+cara+pembuatan+arang+sekam+terhadap+prestasi+mesin+dan+emisi+gas+buang+motor+bensin+karburator+4-langkah.%0D%0APenelitian+ini+dilakukan+dengan+beberapa+variasi+pengujian+yaitu+pengujian+berjalan+dengan+kecepatan+konstan+50+km%2Fjam+pada+jarak+5%2C7+km%2C+Pengujian+akselerasi+dari+keadaan+diam+sampai+menempuh+kecepatan+0-80+km%2Fjam+(dengan+perpindahan+gigi)%2C+pengujian+stasioner+pada+putaran+1000%2C+3000%2C+dan+5000+rpm%2C+serta+pengujian+emisi+gas+buang+pada+putaran+1000+dan+3000+rpm+dengan+menggunakan+pelet+arang+dan+tanpa+pelet+arang.+Pelet+arang+yang+digunakan+dalam+penelitian+ini+berdiameter+10+mm+dan+tebal+3+mm+dengan+massa+seberat+32+gram.+Pelet+arang+tersebut+dikemas+dalam+suatu+frame+dan+diletakkan+di+dalam+saringan+udara+(filter)+dengan+kendaraan+uji+sepeda+motor+110+cc.+Variasi+komposisi+yang+digunakan+pada+penelitian+ini+terbagi+3+yaitu+A18+(18%25+air%2C11%25+tapioka%2Cdan+71%25+arang+sekam)%2C+A28+(12%25+air%2C11%25+tapioka%2Cdan+61%25+arang+sekam)%2C+dan+A38+(38%25+air%2C11%25+tapioka%2Cdan+51%25+arang+sekam).+Sedangkan+jenis+air+yang+dibandingkan+dalam+campuran+pembuatan+pelet+adalah+air+aquades+dan+air+hasil+perendaman+zeolit.+Variasi+kondisi+aktivasi+yang+diberikan+pada+penelitian+ini+adalah+pada+temperatur+1500C+dan+1750C+serta+waktu+aktivasi+1+dan+2+jam.+Variasi+cara+pembuatan+arang+sekam+terbagi+menjadi+dua+yaitu+dengan+cara+sangrai+dan+pemakaran+di+dalam+drum+kiln+berpengaduk.%0D%0ADalam+penelitian+ini%2C+komposisi+campuran+terbaik+dalam+pembuatan+pelet+arang+adalah+A18+(18%25+air%2C+11%25+tapioka+dan+71%25+arang)%2C+sedangkan+air+yang+efisien+digunakan+dalam+campuran+pembuatan+pelet+arang+adalah+air+hasil+perendaman+zeolit+terbaik+(H12Z20)+dengan+waktu+perendaman+selama+12+jam+dan+massa+zeolit+20%25+dari+volume+air.+Sementara+itu+kondisi+aktivasi+terbaik+adalah+pada%0D%0Atemperatur+1500C+dan+waktu+aktivasi+2+jam%2C+dan+cara+pembuatan+arang+yang+terbaik+adalah+dengan+cara+pembakaran+dalam+drum+kiln+pembakaran+berpengaduk+dalam+membuat+arang.+Pelet+arang+tersebut+dapat+menghemat+bahan+bakar+sebesar+15%2C72%25+pada+road+test%2C+mempercepat+waktu+tempuh+selama+7%2C02%25+serta+menghemat+konsumsi+bahan+bakar+hingga+18%2C55%25+pada+pengujian+stasioner.+Penggunaan+pelet+arang+sekam+juga+terbukti+dapat+mereduksi+emisi+gas+buang+kendaraan+bermotor+yaitu+CO+sebesar+85%2C71%25+dan+HC+sebesar+37%2C45%25+serta+meningkatkan+kadar+CO2+sebesar+6%2C70%25.%0D%0AKata+kunci+%3A+Prestasi+mesin%2C+Arang+sekam+padi%2C+adsorben+pelet+arang%2C+emi&rft.publisher=Fakultas+Teknik&rft.date=2014-02-19&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1153%2F1%2FABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1153%2F2%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1153%2F3%2FBAB%2520I.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1153%2F4%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1153%2F5%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1153%2F6%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1153%2F7%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1153%2F8%2FBab%2520V%2520.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1153%2F9%2FDAFTAR%2520PUSTAKA.pdf&rft.format=archive&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1153%2F10%2FLAMPIRAN.zip&rft.identifier=++Iswandi%2C+DIAN+EKA+PRATAMA++(2014)+PENGARUH+VARIASI+KOMPOSISI%2C+JENIS+AIR%2C+KONDISI+AKTIVASI+DAN+CARA+PEMBUATAN+ARANG+DARI+ADSORBEN+ARANG+SEKAM+TERHADAP+PRESTASI+MESIN+DAN+KANDUNGAN+EMISI+GAS+BUANG+SEPEDA+MOTOR+KARBURATOR+4-LANGKAH.++Fakultas+Teknik%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F1153%2F