title: PENGEMBANGAN SCIENCE IN BOX FLUIDA STATIS UNTUK PEMBELAJARAN IPA SISWA SMP creator: Muhammad Anshory, 1113022034 subject: Karya Karya Umum = 000 subject: LC Special aspects of education subject: QC Physics description: abstrak indonesia ABSTRAK PENGEMBANGAN SCIENCE IN BOX FLUIDA STATIS UNTUK PEMBELAJARAN IPA SISWA SMP Oleh Muhammad Anshory Hasil observasi menunjukkan bahwa SMP Muhammadiyah 1 Way Jepara Kabupaten Lampung Timur tidak melakukan praktikum (hands-on) pada pembelajaran IPA karena tidak tersedianya laboratorium dan peralatan yang menunjang, sehingga pembelajaran siswa kurang berkesan dan kurang memahami konsep. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan Science in Box Fluida Statis berupa kumpulan peralatan sederhana yang mudah ditemui dalam kehiduan sehari-hari lalu dikumpulkan dalam satu box untuk membelajarkan empat konsep fluida statis melalui praktikum langsung di kelas (labolatorium on classroom). Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini diadaptasi dari Sadiman, dkk yang meliputi tahapan: 1) Analisis kebutuhan, 2) Merumuskan tujuan pembelajaran, 3) Merumuskan butir-butir materi, 4) Menyusun instrumen evaluasi, 5) Menyusun naskah/draft media, 6) Produk Awal, 7) Validasi ahli, 8) Uji coba, dan 9) Produk akhir. Produk yang dikembangkan telah diuji oleh ahli kelayakan alat peraga mencakup kelayakan fisik dan kelayakan dalam pembelajaran. Hasil uji kelayakan alat peraga menyatakan bahwa produk layak Muhammad Anshory digunakan sebagai alat praktikum konsep fluida statis. Uji coba dilakukan dengan dua tahapan yaitu uji satu lawan satu dan uji kelompok kecil. Hasil uji coba menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan sangat menarik (skor 3,27); mudah digunakan (skor 3,12); dan sangat bermanfaat (skor 3,55) serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran yaitu mencapai 84,21% siswa tuntas KKM. Kata kunci : fluida statis, pembelajaran IPA, pengembangan, science in box publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2015-07-08 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/3/COVER%20LUAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/5/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/6/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/7/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/8/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/9/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/10/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/11/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/12/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/13/RIWAYAT%20HDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/14/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/15/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/16/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/17/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/18/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/19/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11535/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Muhammad Anshory, 1113022034 (2015) PENGEMBANGAN SCIENCE IN BOX FLUIDA STATIS UNTUK PEMBELAJARAN IPA SISWA SMP. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/11535/