@unpublished{eprints11561, month = {Desember}, title = {PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS VA SDN 10 METRO PUSAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012}, school = {Universitas Lampung}, author = {mandasari adha 0813053041}, year = {2012}, url = {http://digilib.unila.ac.id/11561/}, abstract = {Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas VA SDN 10 Metro Pusat. Siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebanyak 15 siswa (52\%). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Tahapan dalam penelitian ini diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Alat pengumpulan data penelitian ini berupa lembar observasi dan alat tes. Lembar observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran. Sedangkan alat tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai siswa. Teknik analisis data penelitian ini dalam bentuk analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari persentase rata-rata kinerja guru pada siklus I (54), siklus II (64), dan siklus III (82). Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (44,58\%), siklus II (61,08\%), dan siklus III (80,78\%). Rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I 55,17, siklus II 75,86 dan siklus III 86,21.} }