title: EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LUWES SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA creator: Dwi Citra Pertiwi, 1113023015 subject: LB Theory and practice of education subject: QD Chemistry description: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendekatan ilmiah dalam meningkatkan kemampuan berpikir luwes siswa yang merupakan salah satu indikator keterampilan berpikir kreatif pada materi larutan penyangga. Pendekatan ilmiah terdiri dari 5 langkah yaitu mengamati, menanya, mencoba/mengeksplorasi menalar/mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA1-XI MIA7 SMA YP Unila Tahun Pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 260 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA1 sebagai kelas kontrol, dan XI MIA3 sebagai kelas eksperimen semester genap Tahun Pelajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pendekatan ilmiah diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan berpikir luwes pada kelas kontrol sebesar 0,625 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,771. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji T-Test), hasil penelitian meningkat secara signifikan, disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah efektif dalam meningkat¬kan kemampuan berpikir luwes siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: keterampilan berpikir luwes, pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah. publisher: FKIP date: 2015-08-03 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11572/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11572/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11572/3/COVER%20LUAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11572/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11572/5/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11572/6/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11572/7/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11572/8/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11572/9/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11572/10/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11572/11/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11572/12/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11572/13/SURAT%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11572/14/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11572/15/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11572/16/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11572/17/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11572/18/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11572/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Dwi Citra Pertiwi, 1113023015 (2015) EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LUWES SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. FKIP, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/11572/