%A 1113023015 Dwi Citra Pertiwi %T EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LUWES SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA %X Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendekatan ilmiah dalam meningkatkan kemampuan berpikir luwes siswa yang merupakan salah satu indikator keterampilan berpikir kreatif pada materi larutan penyangga. Pendekatan ilmiah terdiri dari 5 langkah yaitu mengamati, menanya, mencoba/mengeksplorasi menalar/mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI MIA1-XI MIA7 SMA YP Unila Tahun Pelajaran 2014-2015 yang berjumlah 260 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA1 sebagai kelas kontrol, dan XI MIA3 sebagai kelas eksperimen semester genap Tahun Pelajaran 2014-2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Efektivitas pendekatan ilmiah diukur berdasarkan perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain kemampuan berpikir luwes pada kelas kontrol sebesar 0,625 dan pada kelas eksperimen sebesar 0,771. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji T-Test), hasil penelitian meningkat secara signifikan, disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah efektif dalam meningkat?kan kemampuan berpikir luwes siswa pada materi larutan penyangga. Kata kunci: keterampilan berpikir luwes, pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah. %C Universitas Lampung %D 2015 %I FKIP %L eprints11572