%0 Thesis %9 Other %A 1013119139, LISRINAHATI %B FKIP %D 2012 %F eprints:11610 %I Universitas Lampung %T PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 SUKOYOSO SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU %U http://digilib.unila.ac.id/11610/ %X Dalam proses pembelajaran sering kita jumpai gurunya yang lebih aktif, seharusnya yang aktif siswanya. Hal ini dikarenakan guru kurang menguasai metode dan model-model pembelajaran. Guru masih dominan menggunakan metode ceramah, pembelajaran yang demikian kurang memotivasi belajar siswa. Hal ini menyebabkan siswa tidak kreatif, kurang berminat dalam pembelajaran. Siswa kurang bisa bekerja dalam kelompok diskusi. Mereka cenderung belajar sendiri-sendiri. Pengetahuan yang didapat bukan dibangun sendiri secara bertahap oleh siswa atas dasar pemahaman sendiri. Perumusan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah : “Bagaimana Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPS Melalui Model Cooperative Learning Tipe Make A Match pada Siswa Kelas IV SD NegeriI 2 Sukoyoso Sukoharjo Kabupaten Pringsewu?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam mata pembelajaran IPS kelas IV SDN 2 Sukoyoso Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata presentase aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan, siklus I sebesar 57,20% dan pada siklus II menjadi 72,00%, dengan rata-rata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan, siklus I sebesar 67,50 dan pada siklus II menjadi 75,00.