title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI  PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD   PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 MARGODADI   AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU 
creator: 1013119186, SRI SURYATI
subject:  
description: Upaya mata pelajaran IPS untuk membimbing siswa agar menjadi warga negara   Indonesia yang baik dan warga dunia yang efektif merupakan tantangan yang  berat karena dinamika masyarakat terus berkembang dan era globalisasi selalu  mengalami perubahan di setiap saat. Maka mata pelajaran Pengetahuan Sosial  perlu dirancang untuk membangun dan merefleksikan kemampuan siswa dalam  kehidupan bermasyarakat yang selalu berkembang secara terus menerus.    Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan serta hasil evaluasi dalam  pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di SD Negeri 3  Margodadi pada semester genap dalam pembelajaran 2011/2012 diperoleh data  sebagai berikut : 1) kegiatan belajar masih banyak didominasi guru sehingga  siswa masih kurang aktif dalam belajar, 2) metode ceramah tidak dapat  digunakan, kerena siswa menjadi pendengar dan tidak dapat mengkaji seperangkat  peristiwa, konsep-konsep dan tidak dapat menggeneralisasikan yang berkaitan  dengan ilmu sosial, 3) dalam proses pembelajaran guru kurang dapat menciptakan  rasa menyenangkan dan mudah membosankan, 3) Proses pembelajaran hanya  menitikberatkan pengajaran kepada lembar kerja siswa (LKS).    Berdasarkan identifikasi masalah tersebut maka penulis merumuskan masalah  dalam penelitian ini adalah “Apakah peningkatan aktivitas dan prestasi belajar  melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV   SD Negeri 3 Margodadi Ambarawa Kabupaten Pringsewu?” Adapun tujuan  penelitian ini adalah untuk peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa dalam  mata pelajaran IPS di kelas IV SD Negeri 3 Margodadi Ambarawa Kabupaten  Pringsewu dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe  STAD.    Data penelitian yang diperoleh melalui observasi dan tes hasil belajar dengan  menggunakan panduan observasi dan soal-soal tes yang dilaksanakan dalam du  siklus, yaitu hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa  mengalami peningkatan siklus I sebesar 56% dan pada siklus II menjadi 66%, dan   rata-rata prestasi belajar siswa mengalami peningkatan siklus I sebesar 76% dan   pada siklus II menjadi 92%.
date: 2012-10-18
type: Tesis
type: NonPeerReviewed
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/11613/1/ABSTRAK.pdf
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/11613/2/BAB%20I.pdf
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/11613/3/BAB%20II.pdf
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/11613/4/BAB%20III.pdf
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/11613/5/BAB%20IV.pdf
format: text
identifier: http://digilib.unila.ac.id/11613/6/BAB%20V.pdf
identifier:   1013119186, SRI SURYATI  (2012) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 MARGODADI AMBARAWA KABUPATEN PRINGSEWU.  Other thesis, Universitas Lampung.   
relation: http://digilib.unila.ac.id/11613/