@misc{eprints11637, month = {Juli}, title = {PENGARUH PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 BULUREJO KABUPATEN PRINGSEWU TAHUN AJARAN 2014/2015}, author = {1113053117 Wayas Shirly Amris}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/11637/}, abstract = {ABSTRAK Masalah penelitian ini adalah prestasi belajar IPS yang masih rendah, penggunaan sumber belajar yang tersedia di sekolah belum maksimal, kurangnya kesadaran siswa dalam mengoptimalkan penggunaan sumber belajar di lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan sumber belajar terhadap prestasi belajar IPS. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre Eksperimental Design dengan bentuk penelitian One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1 Bulurejo Kabupaten Pringsewu. Selanjutnya teknik pengambilan sampel adalah Non Probability Sample dengan mengunakan sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai kelompok eksperimen dan juga sebagai kelompok kontrol sebanyak 30 siswa. Variabel bebas adalah penggunaan sumber belajar (X) sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar IPS (Y). Data penelitian yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa data nilai Pretest-Posttest dan data kualitatif berupa data aktivitas siswa dalam penggunaan sumber belajar. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa nilai R square sebesar 0,794 atau 79,4\%. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data didapatkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penggunaan sumber belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 1 Bulurejo. Kata kunci: Penggunaan Sumber Belajar, Prestasi Belajar, IPS.} }