TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints11639 UR - http://digilib.unila.ac.id/11639/ A1 - Defryana Eka Susanti, 1113031017 Y1 - 2015/07/09/ N2 - ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berpikir kreatif mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VIII Semester genap SMP Negeri 3 Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mana yang lebih efektivitas antara model pembelajaran Problem Posing dan Problem Solving dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa serta untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional yang dimiliki siswa terhadap pengembangan keterampilan berpikir kreatif di dalam pembelajaran IPS Terpadu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: (1) terdapat perbedaan keterampilan berpikir siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Posing dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Solving pada mata pelajaran IPS Terpadu, (2) terdapat perbedaan keterampilan berpikir kreatif siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Posing lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Solving bagi siswa yang memiliki kecerdasan emosional PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) SISWA KELAS VIII SMPN 3 PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -