%0 Generic %9 Other %A Emilia Yuliani, 1113024014 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:11648 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH ACTIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGELOLAAN LINGKUGAN (Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Talangpadang Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015) %U http://digilib.unila.ac.id/11648/ %X ABSTRAL INDONESIA Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Active Learning terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pengelolaan lingkungan. Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen dengan desain pretes postes non-equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII A dan VII C yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% melalui bantuan program SPSS 17. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang diperoleh dari lembar observasi diskusi siswa terhadap penggunaan model Active Learning yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (eksperimen = 52,80 dan kontrol = 27,88). Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen juga menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi pada kelas eksperimen daripada kontrol (eksperimen = 76,15 dan kontrol = 60,24). Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Active Learning berpengaruh terhadap akivitas belajar siswa pada materi pengelolaan Lingkungan. Kata kunci : Active Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar dan Pengelolaan Lingkungan