title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE SISWA KELAS IV B SD NEGERI 5 METRO PUSAT creator: IKKE MAY JAYANTI, 1113053053 subject: LB Theory and practice of education subject: LB1501 Primary Education description: ABSTRAK INDONESIA Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B SD Negeri 5 Metro Pusat pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam yakni 17 siswa 58,62% dari 29 siswa di kelas yang belum mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model cooperative learning tipe scramble Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri-dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi dan soal-soal tes. Data yang terkumpul kemudian di analisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru menunjukan hubungan yang sangat signifikan terhadap kedua variabel tersebut yaitu adanya peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dengan perolehan nilai rata-rata siklus I adalah 71,72 dengan kriteria baik dan perolehan nilai rata-rata siklus II adalah 89,99 dengan kriteria sangat baik. Persentase nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 65,37% dengan kriteria aktif, pada siklus II sebesar 80,33% dengan kriteria sangat aktif. Persentase peningkatan yang terjadi dari siklus I sampai siklus II sebesar 14,96%, sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 74,72 dengan persentase 21 siswa tuntas sebesar 72,41% memproleh kriteria tinggi dan 8 siswa yang tidak tuntas yaitu sebesar 27,59%. Selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 81,86 dengan persentase 26 siswa tuntas 89,65% dengan kriteria sangat tinggi dan 3 siswa yang tidak tuntas yaitu sebesar 10,34%. Peningkatan persentase ketuntasan klasikal siklus I menuju siklus II sebesar 17,24%. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, model cooperative learning tipe scramble. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2015-07-06 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/3/COVER%20LUAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/5/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/6/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/7/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/8/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/9/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/10/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/11/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/12/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/13/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/14/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/15/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/16/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/17/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/18/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/19/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11666/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: IKKE MAY JAYANTI, 1113053053 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE SCRAMBLE SISWA KELAS IV B SD NEGERI 5 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/11666/