%A 1113031049 MELI PUSPITA %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER(NHT) DAN TIPE THINK TALK WRITE(TTW) DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASANADVERSITAS SISWA KELAS VIII SMPN 1KASUI TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %X ABSTRAK Melihat hasil belajar yang belum optimal, maka perubahan dalam proses pembelajaran yang menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan seharusnya mulai diterapkan disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan tipe TTW jika dikaitkan kecerdasanadversitas. Metode eksperimen yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi eksperimental design). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1kasui pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 126 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukaan (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS Terpadu melalui model pembelajaran TTW dan tipe NHT; (2) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kecerdasanadversitas tinggi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dibandingkan dengan tipe TTW; (3) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu pada siswa yang memiliki kecerdasanadversitas rendah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TTW lebih rendah dibandingkan dengan tipe NHT; (4) ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan kecerdasansadversitas siswa. Kata kunci : Hasil Belajar,NHT , TTW %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints11667