%0 Generic %9 Other %A RINDA DONI FEBRIANI, 1113031061 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:11670 %I FKIP %T STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER(NHT) DAN TIPE THINK TALK WRITE(TTW) DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASANADVERSITAS SISWA KELAS VIII SMPN 1KASUI TAHUN PELAJARAN 2014/2015 %U http://digilib.unila.ac.id/11670/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbandingan hasil belajar IPS Terpadu menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan Team Games Tournament dengan memperhatikan motivasi berprestasi siswa pada kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah komparatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi penelitian 243 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 61 siswa. Ditentukan dengan Cluster Random Sampling. Pengumpulan data melalui dokumentasi, angket, dan tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test dua sampel independen dan analisis varian dua jalan. Hasil analisis data menunjukkan (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dan siswa yang diajar dengan menggunakan model Team Game Tournament, (2) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan menggunakan model Team Game Tournament pada siswa yang motivasi berprestasinya tinggi, (3) rata-rata hasil belajar IPS Terpadu siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih rendah dibandingkan yang diajar dengan menggunakan model Team Game Tournament pada siswa yang motivasi berprestasinya rendah, (4) ada interaksi antara model pembelajaran kooperatif dengan motivasi berprestasi mata pelajaran IPS Terpadu terhadap hasil belajar. Kata kunci: Hasil Belajar IPS Terpadu, Motivasi Berprestasi, Team Games Tournament, Think Pair Share Abstrak Bahasa Inggris