TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints11696 UR - http://digilib.unila.ac.id/11696/ A1 - Sella Evatianti, 1113053103 Y1 - 2015/07/13/ N2 - ABSTRAK INDONESIA Masalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IVA SDN 3 Metro Pusat dengan persentase ketuntasan sebesar 40% dari 20 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model problem posing dengan media grafis pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem posing dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 45% nilai rata-rata 60,94 katagori ?Cukup Aktif?, meningkat pada siklus II sebesar 80% nilai rata-rata 71,77 katagori ?Aktif?. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 55% nilai rata-rata 67,9 katagori ?Sedang?, meningkat pada siklus II sebesar 85% nilai rata-rata 76,4 katagori ?Sangat Tinggi?. Persentase ketuntasan hasil belajar afektif pada siklus I sebesar 50% nilai rata-rata 60,83 katagori ?Cukup Baik?, meningkat pada siklus II sebesar 85% nilai rata-rata 73,02 katagori ?Sangat Baik?. Persentase ketuntasan hasil belajar psikomotor pada siklus I sebesar 50% nilai rata-rata 60,70 katagori ?Cukup Terampil?, meningkat pada siklus II sebesar 80% nilai rata-rata 71,88 katagori ?Terampil?. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, media grafis, model problem posing. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IVA SDN 3 METRO PUSAT AV - restricted ER -