title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI GUNUNG PASIR JAYA creator: Etik Desti Haryati, 1113053040 subject: subject: Karya Karya Umum = 000 subject: LC Special aspects of education subject: Theory of Knowledge/Teori Ilmu Pengetahuan subject: Knowledge/Ilmu Pengetahuan description: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV A SD Negeri Gunung Pasir Jaya dengan persentase ketuntasan 48,15% yaitu 13 siswa dari jumlah 27 siswa dengan KKM 66. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui metode card sort. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes dan tes. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode card sort mudah diterapkan oleh guru, dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai kinerja guru setiap siklusnya. Nilai rata-rata kinerja guru siklus I adalah 65,45% dikategorikan baik, siklus II sebesar 73,64% dikategorikan baik, dan siklus III sebesar 85,46% dikategorikan sangat baik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode card sort pada pembelajaran IPS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diketahui dari persentase siswa aktif, siklus I sebesar 59,26% dikategorikan cukup aktif, siklus II sebesar 70,37% dikategorikan aktif, dan siklus III sebesar 85,19% dikategorikan sangat aktif. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa klasikal, siklus I 64,59 dengan persentase ketuntasan 59,26% dikategorikan sedang, siklus II 71,11 dengan persentase ketuntasan 74,07% dikategorikan tinggi, siklus III 77,19 dengan persentase ketuntasan 81,48% dikategorikan sangat tinggi. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, metode card sort, IPS publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2015-07-08 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/1/1.%20COVER%20LUAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/2/2.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/3/3.%20COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/4/4.%20HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/5/5.%20LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/6/6.%20SURAT%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/7/7.%20RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/8/8.%20MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/9/9.%20PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/10/10.%20SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/11/11.%20DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/12/12.%20DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/13/13.%20DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/14/14.%20DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/15/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/16/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/17/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/18/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/19/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11698/20/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Etik Desti Haryati, 1113053040 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE CARD SORT PADA SISWA KELAS IV A SD NEGERI GUNUNG PASIR JAYA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. (Tidak diterbitkan) relation: http://digilib.unila.ac.id/11698/