%0 Generic %9 Other %A Arifal Paslah, 1013041003 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:11699 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T KONOTASI PADA KUMPULAN CERPEN PEREMPUAN DI RUMAH PANGGUNG KARYA ISBEDY STIAWAN ZS DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMP %U http://digilib.unila.ac.id/11699/ %X Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah konotasi pada kumpulan cerpen Perempuan di Rumah Panggung Karya Isbedy Stiawan ZS dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMP. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konotasi pada kumpulan cerpen Perempuan di Rumah Panggung Karya Isbedy Stiawan ZS dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMP. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah cerpen-cerpen dalam kumpulan cerpen Perempuan di Rumah Panggung Karya Isbedy Stiawan ZS. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konotasi yang terdapat dalam cerpen pada kumpulan cerpen Perempuan di Rumah Panggung Karya Isbedy Stiawan ZS adalah konotasi tinggi, konotasi ramah, konotasi tidak enak, dan konotasi tidak pantas. Kumpulan cerpen Perempuan di Rumah Panggung karya Isbedy Stiawan ZS layak dijadikan sebagai bahan ajar karena sudah memenuhi kriteria dalam pemilihan bahan ajar berdasarkan nilai-nilai karakter dalam kurikulum 2013. Kata kunci : bahan ajar, cerita pendek, konotasi