TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints11702 UR - http://digilib.unila.ac.id/11702/ A1 - Hilda Fatah Asih Amrillah, 1113041032 Y1 - 2015/06/02/ N2 - ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Pak Guru karya Awang Surya dan implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Pak Guru karya Awang Surya dan mendeskripsikan implikasinya dalam pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Pak Guru karya Awang Surya. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif, yakni data dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Pak Guru karya Awang Surya terdiri atas nilai-nilai perilaku yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa yang meliputi taat melaksanakan salah wajib berjamaah, percaya akan balasan Allah, rajin berdoa, dan bersyukur kepada Allah. Perilaku yang berhubungan dengan diri sendiri meliputi jujur, tanggung jawab, bergaya hidup sehat, disiplin, kerja keras, percaya diri, berjiwa wirausaha, berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif. Perilaku yang berhubungan dengan sesama meliputi sadar diri, patuh, menghargai prestasi dan karya orang lain, santun, dan demokratis. Sementara untuk perilaku yang berhubungan dengan lingkungan sosial dan perilaku yang berhubungan dengan kebangsaan tidak ditemukan. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam novel Pak Guru dapat diajarkan kepada siswa SMA kelas XI melalui perilaku guru dalam mengajar dan implikasinya dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL PAK GURU KARYA AWANG SURYA DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA AV - restricted ER -