TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints11714 UR - http://digilib.unila.ac.id/11714/ A1 - ZAKARIA AHMAD, 1113053123 Y1 - 2015/07/03/ N2 - ABSTRAK INDONESIA Masalah di di SDN 1 Tambah Luhur ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V melalui model problem based learning.Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan prosedur pengkajian berdaur, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data penelitian diperoleh melalui observasi untuk mengetahui aktivitas siswa, dan tes formatif untuk hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,66, persentase keaktifan siswa 35,71%. Pada siklus II Rata-rata aktivitas siswa adalah 75,71, persentase keaktifan siswa 92,85%. Jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 17,05 dengan persentase keaktifan 57,14%. Adapun nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 66,14, dan siklus II 71,21 Jadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5,07. Kata kunci: aktivitas siswa, hasil belajar, model problem based learning. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 TAMBAH LUHUR AV - restricted ER -