@misc{eprints11722, month = {Juli}, title = {Faktor-Faktor Penghambat Pelaksanaan Program Pengayaan Pada Mata Pelajaran IPS Di SMK Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015}, author = {1113032037 Lusi Linda Sari}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/11722/}, abstract = {ABSTRAK Tujuan penelitian untuk menjelaskan dan menganalisis faktor-faktor penghambat pelaksanaan program pengayaan pada mata pelajaran IPS di SMK Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan jumlah populasi 8 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan rumus interval dan presentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Faktor kemampuan guru memahami program pengayaan sebanyak 2 responden atau 25\% masuk dalam kategori cukup memahami, (2) faktor kemampuan guru memberikan kegiatan pengayaan sebanyak 5 responden atau 62,5\% masuk dalam kategori kurang mampu, (3) faktor kemampuan guru mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi sebanyak 5 responden atau 62,5 \% masuk dalam kategori sedang, (4) faktor waktu sebanyak 4 responden atau 50\% masuk ke dalam kategori kurang efektif. Kata kunci : faktor penghambat, pelaksanaan program pengayaan, program } }