creators_name: Rudi Riawan, 0813031050 creators_id: riawan29rudie@gmail.com type: other datestamp: 2015-08-18 07:02:01 lastmod: 2015-08-18 07:02:01 metadata_visibility: show title: STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD DAN METODE SMART SOLUTION DENGAN MEMPERTIMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA BANDAR JAYA TAHUN 2015 ispublished: pub subjects: HB subjects: L1 full_text_status: public keywords: STAD, smart solution, motivasi belajar, basil belajar abstract: Kualitas pembelajaran adalah kualitas kegiatan belajar mengajar yang dilakukan terkait dengan metode pembelajaran yang digunakan, menggunakan metode pembelajaran tertentu dalam suatu materi untuk menyampaikan berbagai konsep materi yang diajarkan sehingga siswa dapat menggunakan dan mengingat lebih lama konsep tersebut. Pembelajaran ekonomi yang dikembangkan untuk suatu topik tertentu yang sesuai dengan metode pembelajaran yang dikembangkan dengan melihat perbedaan kemampuan awal siswa. Diantara beberapa metode pembelajaran inovatif yaitu metode kooperatif tipe STAD dan metode pembelajaran Smart Solution. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan metode pembelajaraan kooperatif tipe STAD dan Metode Smart solution. Hasil belajar siswa diharapkan bisa lebih baik setelah digunakannya kedua metode pembelajaran tersebut. Metode di dalam penelitian ini adalah eksperimen factorial design. Pengujian hipotesis dianalisis diperoleh koefisien F sebesar 2,690 dengan Signifikansi sebesar 0,113 > 0,05, yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar ekonomi siswa melalui metode pembelajaran tersebut. Pada hipotesis kedua diperoleh Signifikansi sebesar 0,023 < 0,05, dengan yang berarti Ada perbedaan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan pada hipotesis ketiga diperoleh t hitung sebesar 0,367 dengan Signifikansi sebesar 0,720 > 0,05,menunjukkan bahwah tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah. Sedangkan pada hipotesis keempat koefisien F sebesar 4,494 dengan Signifikansi sebesar 0,044 < 0,05, yang berarti tidak ada interaksi yang signifikan antara metode pembelajaran dengan motivasi belajar. date: 2015-07-03 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung institution: Universitas Lampung department: Pendidikan Ekonomi thesis_type: other referencetext: A.M. Sardiman, 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar: Bandung, Rajawali Pers Abdurrahman, Mulyono.1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta : PT Rieneka Cipta. Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2001. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. Asep, Jihad dan Abdul Haris.2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multipressindo. Bafadal, Ibrahim. 2008. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara. Basrowi dan Akhmad Kasinu. 2007. Metodologi Penelitian Sosial konsep, prosedur dan Aplikasi. Kediri: CV Jenggala Pustaka Utama. Dalyono, M. 2005. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Rineka Cipta. Departemen Pendidikan Nasional.2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Dimyati dan Mujiono. 1999. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta. Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Puspa Swara. Jakarta. Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara. Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Angkasa. Majid, Abdul. 2005. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Primagama, div.akademik. 2010. Smart Solution Primagama: Jakarta,Grasindo Purwanto, M. Ngalim, MP. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya. Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta. Slavin, Robert E, (2008), Cooperative Learning, Penerbit Nusa Media, Bandung Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperatif Learning. Jakarta: Bumi Aksara. Sudjana, Nana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Supardi, Imam. 2003. Lingkungan Hidup dan Kelestariannya. Bandung : PT Alumni. Sutarno, NS. 2006. Perpustakaan dan Masyarakat. Jakarta : CV Segung Seto. Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher Universitas Lampung. 2010. Format PenulisanKarya IlmiahUniversitas Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Universitas Lampung. 2010. Peraturan Akademik dan Kode Etik Universitas Lampung. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Wahab Abdul Aziz, Dr. M,A,Metode dan Model Mengajar IPS,Bandung:Alfabeta Widyantini, (2008), Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Pembelajaran Matematika SMP, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika, Yogyakarta. citation: Rudi Riawan, 0813031050 (2015) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE STAD DAN METODE SMART SOLUTION DENGAN MEMPERTIMBANGKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS BIMBINGAN BELAJAR PRIMAGAMA BANDAR JAYA TAHUN 2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/11754/1/COVER%20DALAM.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11754/3/COVER%20LUAR.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11754/5/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11754/6/DAFTAR%20TABEL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11754/7/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11754/8/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11754/9/MOTO.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11754/10/PERNYATAAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11754/11/PERSEMBAHAN.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11754/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11754/13/SANWACANA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11754/14/BAB%20I.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11754/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11754/98/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11754/99/DAFTAR%20ISI.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11754/100/BAB%20II.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11754/101/BAB%20III.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11754/102/BAB%20IV.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/11754/103/BAB%20V.pdf