TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints11767 UR - http://digilib.unila.ac.id/11767/ A1 - AYU FEBRIYANTI, 1113021012 Y1 - 2015/07/31/ N2 - ABSTRAK INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pringsewu semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang terdistribusi dalam enam kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive random sampling dan terpilih siswa kelas VIII.1 sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design. Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa mo¬del pembelajaran berbasis masalah tidak efektif digunakan untuk mening¬kat¬kan kemampuan komunikasi matematis siswa. Kata Kunci: efektivitas, kemampuan komunikasi matematis, PBM PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA AV - restricted ER -