TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints11775 UR - http://digilib.unila.ac.id/11775/ A1 - DYNDA MEUTIA TYFFANI, 1113023017 Y1 - 2015/07/28/ N2 - ABSTRAK INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan kemampuan membedakan siswa pada materi hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 3 Bandar Lampung semester genap tahun 2014-2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Adapun sampel yang diambil adalah kelas XI-4 sebagai kelas kontrol dan XI-5 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-Posttest) Control Group Design. Efektivitas penggunaan pendekatan saintifik ditunjukkan oleh perbedaan n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-Gain siswa kelas kontrol sebesar 0,37 dan rata-rata n-Gain kelas kontrol sebesar 0,44. Berdasarkan uji-t disimpulkan bahwa pembelajaran materi hidrolisis garam menggunakan pendekatan sainztifik efektif dalam meningkatkan kemampuan membedakan siswa khususnya pada tahap mengamati dan menalar Dynda Meutia Tyffani Kata kunci: Hidrolisis garam, kemampuan membedakan, pendekatan saintifik. PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBEDAKAN PADA MATERI HIDROLISIS GARAM AV - restricted ER -