@misc{eprints11778, month = {Agustus}, title = {KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) (Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015)}, author = {1113024021 Fitriana}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/11778/}, abstract = {Berdasarkan observasi di SMA Negeri 1 Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur kreativitas siswa belum dikembangkan secara optimal. Salah satu upaya yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan kreativitas yaitu penggunaan model berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas siswa dalam pembelajaran pada materi daur ulang limbah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini bersifat pre-experimental design tipe one-shot case study dengan siswa kelas X 4 sebagai sampel penelitian yang dipilih dari populasi dengan teknik purposive sampling. Data kualitatif berupa penilaian kreativitas perencanaan siswa, penilaian produk siswa, data angket penilaian siswa terhadap produk dan angket tanggapan siswa terhadap model pembelajaran PjBL. Analisis data dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas siswa dalam pembelajaran menggunakan model PjBL memperoleh skor 64,96 dengan kriteria ?kreatif? dalam membuat perencanaan produk. Indikator kreativitas perencanaan produk berupa membuat perencanaan, interdisiplin ilmu dan aplikasi konsep, bereksplorasi dan mengembangkan gagasan dalam mendesain produk, memilih bahan, dan menggunakan alat. Selain itu, rata-rata kreativitas produk secara keseluruhan dengan skor 54,11 dengan kategori kriteria ?Cukup Kreatif? dengan indikator bersifat baru, unik, berguna, benar, bernilai dan bersifat heuristik. Hasil tanggapan siswa terhadap model PjBL menyatakan bahwa siswa beperan aktif dalam pembelajaran dan berinteraksi dalam belajar membuat siswa mudah memahami materi. PjBL membantu mengaplikasikan konsep dalam kehidupan nyata dan mengaitkan interdisiplin ilmu, memotivasi belajar, dan bereksplorasi dalam membuat produk daur ulang limbah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kreativitas dalam pembelajaran berbasis proyek berkriteria ?kreatif? dan menghasilkan produk yang ?cukup kreatif?. Kata kunci: project based learning (PjBL), kreativitas siswa, daur ulang limbah.} }