%A 1113024005 Ardi Nova Irawan %T KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA MATERI DAUR ULANG LIMBAH MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) (Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Gunung Alip Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015) %X ABSTRAK Berdasarkan observasi di SMA Negeri 1 Gunung Alip Kabupaten Tanggamus kreativitas siswa belum dikembangkan secara optimal. Salah satu upaya yang dapat membantu siswa dalam mengembangkan kreativitas yaitu penggunaan model berbasis proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas siswa dalam pembelajaran pada materi daur ulang limbah menggunakan model pembelajaran berbasis Proyek. Penelitian ini bersifat pre-experimental design tipe one-shot case study, dengan siswa kelas X 2 sebagai sampel penelitian yang dipilih dari populasi dengan teknik purposive sampling. Data kualitatif berupa penilaian kreativitas siswa, penilaian produk siswa, data angket penilaian kelompok terhadap produk kelompok lain dan angket tanggapan siswa terhadap model pembelajaran PjBL. Analisis data hasil penelitian menunjukkan kreativitas siswa dalam pembelajaran menggunakan model PjBL memperoleh skor 65 dengan kriteria ?kreatif? dalam melakukan perencanaan pembutan produk. Indikator kreativitas perencanaan produk berupa membuat perencanaan, interdisiplin ilmu dan aplikasi konsep, bereksplorasi dan mengembangkan gagasan dalam mendesain produk, memilih bahan, dan menggunakan alat. Selain itu, rata-rata kreativitas produk secara keseluruhan memperoleh skor 45,83 dengan kriteria ?Cukup Kreatif? dengan indikator bersifat baru, unik, berguna, benar, bernilai, dan bersifat heuristik. Hasil tanggapan siswa terhadap model PjBL menyatakan bahwa siswa merasa senang belajar menggunakan model ini. Hal ini terlihat dari siswa ikut beperan aktif dan berinteraksi dalam pembelajaran, sehingga membuat siswa mudah memahami materi. PjBL membantu mengaplikasikan konsep dalam kehidupan nyata dan mengaitkan interdisiplin ilmu, memotivasi belajar, mengembangkan kreativitas dan menambah wawasan baru terhadap daur ulang limbah. Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap pembelajaran berbasis proyek. Dengan demikian, pembelajaran berbasis proyek efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa yang dalam pembelajaran menghasilkan rata-rata berkriteria ?kreatif? dan menghasilkan produk yang ?cukup kreatif?. Kata kunci: model project based learning, kreativitas siswa, daur ulang limbah. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints11780