%0 Generic %9 Other %A Abil Malik, 1113023001 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:11786 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ATTRIBUTING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM %U http://digilib.unila.ac.id/11786/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan kemampuan attributing siswa pada materi hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA 1 sampai dengan XI MIA 5 SMA Negeri 3 Bandar Lampung semester genap Tahun 2014-2015 yang berjumlah 153 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalence Control Group Design. Pembelajaran dikatakan efektif apabila secara statistik kemampuan attributing siswa menunjukkan perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain kemampuan attributing siswa untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,41 dan 0,56. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji-t), disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik pada materi hidrolisis garam efektif dalam meningkatkan kemampuan attributing. Kata kunci: pendekatan saintifik, kemampuan attributing.