TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints11786 UR - http://digilib.unila.ac.id/11786/ A1 - Abil Malik, 1113023001 Y1 - 2015/08/06/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan kemampuan attributing siswa pada materi hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA 1 sampai dengan XI MIA 5 SMA Negeri 3 Bandar Lampung semester genap Tahun 2014-2015 yang berjumlah 153 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu kelas XI MIA 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIA 5 sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Non Equivalence Control Group Design. Pembelajaran dikatakan efektif apabila secara statistik kemampuan attributing siswa menunjukkan perbedaan rata-rata n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain kemampuan attributing siswa untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,41 dan 0,56. Berdasarkan pengujian hipotesis (uji-t), disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan saintifik pada materi hidrolisis garam efektif dalam meningkatkan kemampuan attributing. Kata kunci: pendekatan saintifik, kemampuan attributing. PB - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan TI - EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ATTRIBUTING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM AV - restricted ER -