title: PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATU ATAP 1 KEDONDONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015 creator: HERU ARIP RAHMAN HAKIM, 081304019 subject: LB Theory and practice of education subject: P Philology. Linguistics description: ABSTRAK Masalah yang dibahas dalam penelitian adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menulis surat dinas pada siswa kelas VIII SMP Negeri Satu Atap 1 Kedondong tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis surat dinas meliputi kegiatan pendahuluan pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, dan kegiatan penutup pembelajaran menulis surat dinas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti mendeskripsikan hasil penelitian dan analisis terhadap proses pembelajaran menulis surat dinas. Sumber data pada penelitian ini adalah proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh siswa kelas VIII SMPN Satu Atap 1 Kedondong tahun pelajaran 2014/2015 dan guru bidang studi bahasa Indonesia yang mengajar materi menulis surat dinas pada kelas tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik yang digunakan untuk menganalisis data dengan teknik mengamati dan menganalisis pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran yang berlangsung sudah meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup pembelajaran. Akan tetapi, dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan belum sesuai dengan beberapa kriteria yang telah ditentukan seperti dalam kegiatan pendaluan pembelajaran berupa mempersiapkan siswa untuk belajar dan melakukan kegiatan apersepsi. Dalam kegiatan inti pembelajaran yang berupa penguasaan materi pembelajaran, pendekatan/strategi pembelajaran, pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran, pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa, penilaian proses dan hasil belajar, dan penggunaan bahasa. Dalam kegiatan penutup yang berupa melakukan refleksi dan membuat rangkuman dengan melibatkan siswa dan melakukan tindak lanjut dengan memberikan arahan, kegiatan, atau tugas sebagai remidial/pengayaan. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2015-07-02 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11795/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11795/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11795/3/COVER%20LUAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11795/4/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11795/5/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11795/6/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11795/7/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11795/8/HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11795/9/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11795/10/PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11795/11/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11795/12/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11795/13/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11795/14/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11795/16/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11795/17/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11795/18/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11795/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11795/112/BAB%20II.pdf identifier: HERU ARIP RAHMAN HAKIM, 081304019 (2015) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SATU ATAP 1 KEDONDONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/11795/