title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 WAY JEPARA TAHUN AJARAN 2014/2015 creator: Rahmawati, 1013033017 subject: LB Theory and practice of education description: ABSTRAK Pemanfaatan blog SMA Negeri 1 Way Jepara Lampung Timur hadir sebagai sumber informasi untuk seluruh stakeholders dan masyarakat luas. Pengelolaan blog ini berada di bawah kendali Humas SMA Negeri 1 Way Jepara Lampung Timur. Meski demikian, untuk up-date data dan informasi diperlukan kerja sama yang sinergis dengan seluruh bidang dan unit di lingkungan SMA Negeri 1 Way Jepara Lampung Timur. Selain itu adanya fasilitas yang dimiliki oleh SMA Negeri 1 Way Jepara Lampung Timur mendukung dalam pemanfaatan Pemanfaatan Blog sebagai sumber belajar siswa pada khsusunya pada Mata Pelajaran Sejarah. Rumusan masalah dalam peneltian ini adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan dan Seberapa besar taraf pengaruh signifikan dari penggunaan media blog untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Way Jepara Tahun Ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen. Pengertian penelitian eksperimen dalam bidang pendidikan adalah metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari suatu variable terhadap variable lain. Alasan penggunaan metode penelitian eksperimen karena peneliti akan melihat penggunaan Blog pada mata pelajaran sejarah terhadap motivasi belajar siswa XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Way Jepara. Berdasarkan hasil peneliti membagikan kuesioner ke siswa dalam pembelajaran dikelas, dapat dilihat hasil data yang diperoleh dari nilai thitung sebesar 9,05 > ttabel sebesar 1,684 berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain, ada pengaruh yang signifikan media blog untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Way Jepara Tahun Ajaran 2014/2015. Kemudian berdasarkan uji hipotesis kedua taraf signifikansi untuk mengetahui seberapa besar pengarauh media adalah sebesar 0.54 yang termasuk kedalam kategori cukup. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2015-07-09 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11825/1/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11825/2/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11825/3/LEMBAR%20PERSETUJUAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11825/8/LEMBAR%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11825/4/LEMBAR%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11825/5/RIWAYAT%20HIDUP.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11825/6/PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11825/7/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11825/9/SANWACANA.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11825/10/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11825/11/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11825/13/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11825/12/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11825/100/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11825/17/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11825/101/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/11825/16/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Rahmawati, 1013033017 (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BLOG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 WAY JEPARA TAHUN AJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/11825/