@mastersthesis{eprints11837, month = {Juli}, title = {KUALITAS PELAYANAN PUBLIK Studi Pada Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Rawat Inap Sumber Sari Bantul Kecamatan Metro Selatan Kota Metro)}, school = {Universitas Lampung}, author = {1326061012 Tri Widodo}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/11837/}, abstract = {Pelayanan tenaga kesehatan terutama perawat adalah pelayanan medik yang paling intensif interaksinya terhadap pasien, sehingga sering menstandarkan pelayanan puskesmas dengan pelayanan tenaga medisnya. Keadaan di lapangan menunjukkan bahwa pelayanan di Puskesmas Rawat Inap Sumbersari Bantul masih banyak kelemahan, antara lain dokter yang tidak menempati rumah dinas sehingga tidak selalu stand by, sering habisnya obat-obatan, sarana prasarana yang kurang memadai, misalnya tidak ada tempat parkir, tidak ada pagar halaman untuk keamanan yang semua itu untuk kepentingan masyarakat pengguna. Deskriminasi pelayanan sering kali muncul karena persepsi mengenai hak dan kewajiban antara penyedia dan pengguna layanan belum mencapai titik temu. Misalnya hak bagi setiap pengguna layanan untuk mendapatkan perlakuan yang wajar dan ramah dari penyedia layanan. Sebaliknya, justru pengguna layanan yang harus bersikap ramah terhadap penyedia layanan agar urusannya menjadi cepat dan lancar. Penelitian ini akan berusaha mengetahui keluhan yang disampaikan pasien atau masyarakat pengguna Puskesmas Rawat Inap terkait dengan masalah pelayanan oleh tenaga keperawatan, sarana dan fasilitas yang ada di Puskesmas Rawat Inap tersebut. Rumusan masalah ini adalah bagaimana kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Rawat Inap Sumbersari Bantul Kecamatan Metro Selatan Kota Metro? Penelitian ini bertujuan untuk membuat rumusan gambaran tentang keaadaan riil kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Rawat Inap Sumbersari Bantul Kecamatan Metro Selatan Kota Metro secara cermat. Dengan metode kualitatif, data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melaui wawancara, observasi dan dokumen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan terhadap masyarakat pengguna atau pasien. Penilaian pasien melalui fokus penelitian yang meliputi : 1) Bukti Fisik (tangibles), 2) Keandalan (reliability), 3) Daya Tanggap (responsiveness), 4) Jaminan (assurance), dan 5) Empati (empaty), sehingga dapat diketahui hasilnya yaitu pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Rawat Inap tersebut sudah baik dan sesuai dengan keinginan pasien, meskipun masih ada beberapa keluhan yang perlu menjadi perhatian Puskesmas Rawat Inap Sumbersari Bantul. Kata kunci : Pelayanan publik, kualitas pelayanan, pelayanan kesehatan.} }