TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints11853 UR - http://digilib.unila.ac.id/11853/ A1 - Genta Loga Sandiwa, 1016031097 Y1 - 2015/06/30/ N2 - ABSTRAK INDONESIA Kesulitan siswa dalam menyesuaikan diri sering dijumpai di sekolah yang ditampilkan dalam bentuk perilaku, seperti rendah hati, agresif, mencari rasa aman pada berbagai bentuk mekanisme pertahanan diri, melanggar tata tertib, menentang guru, berkelahi, tidak melaksanakan tugas sekolah, mengisolasi diri dan sulit bekerja sama dalam situasi kelompok. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan peranan komunikasi antarpribadi guru Bimbingan Konseling (BK) terhadap ketaatan siswa kelas VIII SMPN 19 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode wawancara dan dokumentasi. Teori dalam penelitian ini menggunakan teori pragmatis dengan sudut pandang yang menekankan pada manajemen dan kesegaran interaksi secara umum, kualitas-kualitas yang menentukan pencapaian tujuan spesifik. Dalam peranan komunikasi antarpribadinya menunjukkan bahwa peranan guru Bimbingan Konseling (BK) terlihat dari upaya guru bimbingan dan konseling membiasakan siswa disiplin dalam beraktivitas dan membentuk karakter siswa tersebut terutama dari sisi kepercayaan diri, kebersatuan, manajemen interaksi, daya ekspresi dan orientasi kepada orang lain. Kata Kunci: Komunikasi Antarpribadi, Guru Bimbingan Konseling, Ketaatan Siswa,Teori Pragmatis. ABSTRAK INGGRIS PB - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik TI - PERANAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI GURU BIMBINGAN KONSELING (BK) TERHADAP KETAATAN SISWA (Studi Pada Kelas VIII SMPN 19 Bandar Lampung) AV - restricted ER -