%A 1113033064 Ucep Saifulloh %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIFTIPE ACADEMYCONSTRUCTIVE CONTROVERSY TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITISSISWA PADA MATA PELAJARANSEJARAH KELAS X2 SMA NEGERI 1 PALAS LAMPUNG SELATAN TAHUN AJARAN 2014/2015 %X ABSTRAK Perkembangan dalam dunia pendidikan telah banyak dilakukan oleh para ahli yang salah satunya yaitu dalam proses belajar mengajar menggunakan model pembelajaran yang tepat dengan materi yang diajarkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan agar tujuan pembelajaran dapat terlaksana adalah Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Academy Constructive Controversy. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ada pengaruh yang signifikan dari pengaruhmodel Pembelajaran Kolaboratif Tipe Academy Constructive Controversy terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada mata Pelajaran Sejarah kelas X 2 SMA Negeri 1 Palas Lampung Selatan tahun ajaran 2014/2015?, 2) Seberapa besarkah taraf siginifkansipengaruh model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Academy Constructive Controversy terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas X 2 SMA Negeri 1 Palas Lampung Selatan tahun ajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui 1)Ada atau tidakpengaruhyang signifikan dari pengaruh model Pembelajaran KolaboratifTipe Academy Constructive Controversyterhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada Mata Pelajaran Sejarah kelas X 2 SMA Negeri 1 Palas Lampung Selatan tahun ajaran 2014/2015, 2) Besarnya taraf signifikansipengaruh model Pembelajaran KolaboratifTipe Academy Constructive Controversyterhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada mata Pelajaran Sejarah kelas X 2 SMA Negeri 1 Palas Lampung Selatan tahun ajaran 2014/2015.Penelitian menggunakan metode Pre-Experimental Designs (nondesigns)dengan desain penelitianOne Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X2SMA Negeri 1 Palas Lampung Selatantahun jaran 2014/2015. Sampel yang digunakan dipilih dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif deskriptif dengan dilakukan skor gaindan uji analisis data dengan rumus uji t dan rumus korelasi. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan uji t paired dapat ditarik kesimpulan bahwa: 1) Ada pengaruh yang signifikan dari pengaruh model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Academy Constructive Controversy terhadap kemampuan berfikir kritis siswa kelas X 2 SMA Negeri 1 Palas Lampung Selatan, 2)Besarnya taraf signifikansipengaruh model Pembelajaran Kolaboratif tipe Academy Constructive Controversyterhadap kemampuan berfikir kritis adalah sebesar 0.95 yang jika dimasukkan kedalam interpretasi korelasi termasuk kategori tinggi. %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints11875