TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints11890 UR - http://digilib.unila.ac.id/11890/ A1 - Pindo Apip Permana, 1013053116 Y1 - 2015/07/13/ N2 - ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah lemahnya aktivitas belajar siswa karena tidak menerapkan model pembelajaran yang tepat. Hal ini berdampak pada rendahnya prestasi belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri 3 Rulung Helok di Kecamatan Natar Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas dan prestasi belajar serta peningkatan prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model cooperative learning tipe make a match. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri 3 Rulung Helok di Kecamatan Natar Lampung Selatan yang berjumlah 50 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yaitu mengambil data dari seluruh jumlah populasi untuk dijadikan sampel. Penelitian ini mengunakan desain one group pretest-posttest. Data aktivitas diperoleh dari hasil pengamatan oleh observer dan teknik pengumpulan data prestasi belajar ranah kognitif menggunakan skor pretestposttest. Pengaruh aktivitas terhadap prestasi belajar diuji menggunakan uji regresi dan perbedaan prestasi belajar ranah kognitif diuji menggunakan uji paired sample t-test yang berfungsi menguji beda rata-rata dari sampel berpasangan terhadap suatu pengaruh atau perlakuan tertentu. Hasil penelitian ini adalah diperoleh R Square sebesar 0,557 atau 55,7 % kemudian selisih pretest dengan posttest sebesar 38,64 dan nilai thitung sebesar 56,958. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif aktivitas dan prestasi belajar siswa dengan menerapkan model cooperative learning tipe make a match, dan terdapat peningkatan prestasi belajar antara sebelum dan sesudah penerapan model cooperative learning tipe make a match. Kata Kunci: Aktivitas, Prestasi Belajar IPS dan Make A Match PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA PELAJARAN IPS TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 3 RULUNG HELOK DI KECAMATAN NATAR LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015 AV - restricted ER -