%0 Generic %9 Other %A Sri Purwaningsih, 0913024020 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:11900 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGUASAAN MATERI DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI KETERKAITAN KEGIATAN MANUSIA DENGAN PENCEMARAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Sungkai Selatan Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2014/2015) %U http://digilib.unila.ac.id/11900/ %X ABSTRAK Model pembelajaran GI merupakan pembelajaran kooperatif yang menekankan pada interaksi diantara siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu guna mencapai hasil belajar yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran GI terhadap penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih dari populasi secara cluster random sampling. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji-U melalui program SPSS 17. Data kualitatif berupa data aktivitas belajar siswa yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas siswa dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran GI pada kelas eksperimen meningkatkan penguasaan materi oleh siswa dengan rata-rata N-gain 30,04, sedangkan kelas kontrol hanya 16,47. Model GI juga meningkatkan aktivitas belajar belajar siswa dari pertemuan I (62,50) ke pertemuan pertemuan II (66,10). Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran GI berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penguasaan materi dan aktivitas belajar siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran GI, penguasaan materi oleh siswa, aktivitas belajar siswa, dan pencemaran lingkungan