%0 Generic %9 Other %A Sonia Suci Maretha, 1113022058 %C Universitas Lampung %D 2015 %F eprints:11902 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %T PENGARUH KETERAMPILAN PENGGUNAAN MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI TUTORIAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/11902/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan penggunaan media TIK tutorial terhadap hasil belajar fisika siswa. Siswa harus terampil menggunakan media TIK tutorial agar media tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMAN 3 Bandar Lampung menggunakan satu kelas eksperimen yaitu kelas X IPA 4 yang berjumlah 32 siswa. Analisis data menunjukkan keterampilan penggunaan media TIK tutorial siswa sebagian besar termasuk pada kategori tinggi yaitu sebesar 68,75% dan hasil belajar siswa termasuk kategori tinggi sebesar 56,25%. Penggunaan media TIK tutorial dalam pembelajaran fisika mendukung proses pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran fisika pada materi alat optik, terdapat pengaruh linear dan signifikan antara keterampilan penggunaan media TIK tutorial terhadap hasil belajar fisika siswa yaitu sebesar 76,4% dengan persamaan regresi Y = 29,61 + 0,66X. Kata kunci: hasil belajar fisika, media TIK, tutorial