%0 Generic %9 Other %A Rizki Afrizal Sandi , 1113024059 %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2015 %F eprints:11916 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 16 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015) %U http://digilib.unila.ac.id/11916/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif dan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampelnya adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih secara purposive sampling. Data kuantitatif diperoleh dari nilai pretest, postest, dan N-gain yang dianalisis dengan uji t dan uji U, sedangkan data kualitatif berupa deskripsi kemampuan berpikir kreatif siswa, data aktivitas belajar siswa terhadap penggunaan model problem posing yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model problem posing berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang dibuktikan dengan pretest eksperimen = 37,50 ± 16,29; postest eksperimen = 79,79 ± 9,23; N-gain = 68,05 ± 11,50. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa terjadi pada indikator berpikir lancar (79.55) berkriteria “tinggi”; berpikir luwes (78.33) berkriteria “tinggi”; berpikir orisinal (53.87) berkriteria “sedang”; dan elaborasi (61.46) berkriteria “sedang”. Peningkatan aktivitas belajar siswa terjadi pada indikator mengemukakan pendapat/ide (79,69) berkriteria “tinggi”; mencari informasi untuk memecahkan masalah (79,69) berkriteria “tinggi”; mengajukan pertanyaan (77,34) berkriteria “tinggi”; bekerja lebih cepat daripada anak-anak lain (75,78) berkriteria “tinggi”; dan melakukan lebih banyak daripada anak-anak lain (62,50) berkriteria “sedang”. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model problem posing berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan akivitas belajar siswa pada materi pokok Lingkungan.