TY - GEN CY - Universitas Lampung ID - eprints11930 UR - http://digilib.unila.ac.id/11930/ A1 - Prashadio Anmara, 1111011105 Y1 - 2015/08/14/ N2 - Media informasi yang berkaitan dengan masyarakat pada zaman yang modern saat ini sangat menunjang mobilitas dan gaya hidup konsumen. Konsumen cenderung memiliki ketergantungan akan suatu media yang berisikan tentang informasi dimana konsumen dapat mengakses dan berkomunikasi didalamnya. Hal yang paling umum dalam mempengaruhi kebutuhan manusia dalam hal hiburan antara lain adalah musik, di era yang modern ini musik dapat ditemukan dimana saja, dikalangan atas maupun bawah. Salah satu media yang digemari konsumen ialah radio. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dimensi-dimensi kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pendengar acara bercanda bareng request (BARBEQUE) pada Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 2 fm di Bandar Lampung. Tujuan analisis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensidimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pendengar acara bercanda bareng request (BARBEQUE) pada Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 2 fm di Bandar Lampung. Metode analisis data yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS dengan melakukan Uji Analisis Regresi Linier Berganda dan statistik Uji T serta Uji F. Populasi dalam penelitian ini adalah pendengar RRI Pro 2 fm di Bandar Lampung yang berada di tempat umum, seperti steam mobil, bengkel, dan pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Variabel pada penelitian ini terdiri dari variabel dimensi-dimensi kualitas pelayanan dengan empat indikator (empati, keandalan, ketanggapan dan jaminan) dan variabel kepuasan pendengar. Seluruh indikator dirumuskan menjadi kuesioner penelitian dalam bentuk pertanyaan dan menggunakan skala Likert dengan level 5 pilihan. Berdasarkan pada hasil perhitungan analisis regresi linier berganda, didapat nilai R Square (R2) = 0,566. Hal ini berarti, indikator variabel dimensi-dimensi kualitas pelayanan X empati (X1), keandalan (X2), ketanggapan (X3) dan jaminan (X4) berperan dalam mempengaruhi setiap variabel kepuasan pendengar (Y) sebesar 56,6% dan sisanya 43,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat pada penelitian ini. Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 30,913. Hal ini menunjukkan bahwa nilai F hitung>F tabel (30,913>2,47) maka secara simultan dimensi-dimensi kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pendengar. Hasil uji T menunjukkan bahwa semua nilai T hitung > T tabel, sehingga secara parsial ada pengaruh signifikan antara dimensi-dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pendengar. Peneliti dapat menyimpulkan bahwa hipotesis pada penelitian ini yang berbunyi adanya pengaruh yang positif antara dimensi-dimensi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pendengar acara bercanda bareng request (BARBEQUE) pada Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 2 fm di Bandar Lampung dapat diterima atau terbukti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pendengar PB - Fakultas Ekonomi dan Bisnis TI - PENGARUH DIMENSI-DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENDENGAR ACARA BERCANDA BARENG REQUEST (BARBEQUE) PADA RADIO REPUBLIK INDONESIA (RRI) PRO 2 FM DI BANDAR LAMPUNG AV - restricted ER -