@misc{eprints11935, month = {Agustus}, title = {PENGARUH EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (STUDI PADA WATERBOOM VILA BUKIT TIRTAYASA DI BANDAR LAMPUNG)}, author = {1011011177 Ria Anugrah Fitri}, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Ekonomi dan Bisnis}, year = {2015}, url = {http://digilib.unila.ac.id/11935/}, abstract = {ABSTRAK Persaingan bisnis Waterboom di Kota Bandar Lampung membuat pelaku usaha harus memiliki keunggulan kompetitif dari kompetitornya. Hal ini bisa diperoleh dengan menerapkan strategi experiential marketing, sehingga tercipta kepuasan pelanggan. Masalah yang terjadi pada Waterboom Vila Bukit Tirtayasa yaitu terdapat beberapa Wisata Air Waterboom di Bandar Lampung, jumlah pengunjung mengalami fluktuasi, masih terdapat keluhan pengunjung. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah experiential marketing berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Waterboom Vila Bukit Tirtayasa. Pengumpulan data pada peneltian ini dikumpulkan melalui metode kusioner terhadap 100 responden pelanggan Waterboom Vila Bukit Tirtayasa. Teknik pengambilan sample dengan menggunakan metode probability sampling dan tekhnik simple random sampling. Analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif, meliputi uji validitas dan reabilitas, uji hipotesis meliputi uji F dan uji t serta uji determinasi (R2). Teknik analisis data yang dilakukan adalah regresi linier berganda. Berdasarkan atas perhitungan regresi berganda terlihat bahwa koefisien masing-masing variabel bernilai positif dan signifikan, dimana semakin baik program experiential marketing yang diberikan oleh Waterboom Vila Bukit Tirtayasa semakin meningkatkan kepuasan pelanggan. Koefisien determinasi R2 = 0,626 yang menunjukan bahwa sumbangan variabel X (experiential marketing) terhadap variabel Y ( kepuasan pelanggan) sebesar 62\% dan sisanya 38 \% dipengaruhi oleh faktor lain. F hitung lebih besar dibandingkan nilai F tabel (31,464 {\ensuremath{>}} 2,31) maka H0 ditolak dan Ha diterima, secara keseluruhan variabel bebas experiential marketing berpengaruh terhadap Kepuasan pelanggan pada Waterboom Vila Bukit Tirtayasa. Nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 1,985. Hal ini berarti semua variabel Experiential Marketing(X) meliputi sense (X1) feel (X), think (X3), act (X4), relate (X5) memiliki pengaruh yang positif terhadap kepuasan pelanggan Waterboom Vila Bukit Tirtayasa. Kata Kunci : Experiential Marketing, Panca Indera (sense) Perasaan (feel), Berfikir (think), Tindakan (Act), dan hubungan (Relate). Kepuasan pelanggan. Ria Anugrah Fitri} }